Fakta Warna Unik Mata Kucing Odd Eye

Pernahkah Anda melihat kucing dengan dua mata yang berbeda satu sama lain? Jika iya, maka nama atau sebutan dari kuving itu adalah si kucing odd eye. Warna unik mata kucing odd eye biasanya berupa satu berwarna biru dan satunya berwarna kucing. Bisa juga satu berwarna biru cerah, satunya lagi berwarna kuning tembaga. Intinya, dua mata pada kucing ini berbeda. Mengapa bisa demikian?


Fakta Tentang Kucing Odd Eye
Ada beberapa fakta yang membahas tentang warna unik mata kucing odd eye ini. Senab, tak sedikit pula mitos yang betkembang di masyarakat tentang kucing yang unik ini. Fakta yang pertama adalah kucing odd eye bisa punya mata yang berbeda kanan kiri adalah pure karena kelainan genetik. Hal ini perlu Anda ketahui dan orang di luar sana yang menganggap kucing odd eye adalah kucing setan.

Ya, dulunya kucing dengan kelainan genetik ini bukannya disayang malah dianggap sebagai kucing setan. Letak kelainan genetik dari kucing ini tentu saja pada bagian matanya. Kucing dengan mata normal selalu lahir dalam keadaan buta.

Waktu lah yang membantu anak kucing bisa melihat, karena perkembangan fungsi mata kucing bukan saat berada di dalam kandungan, melainkan ketika lahir. Nah, warna unik mata kucing odd eye ini dikarenakan saat perkembangan matanya, salah satunya tidak mengalami pigmentasi.

Mata kucing yang tadinya biru dan seharusnya menjadi kuning menjadi tetap biru karena tak mengalami pigmentasi, begitu juga dengan perubahan warna lainnya. Jadi, sekarang Anda paham bahwa kucing odd eye bisa memiliki mata berbeda karena kelainan genetik.

Di Turki, kucing odd eye adalah kucing yang disayangi dan dilindungi. Malahan, kucing jenis odd eye ini dilestarikan di sana. Pernah juga kucing odd eye ini dijadikan ikon dalam pertandingan sepak bola yang bergengsi di sana.

Tak selalu kucing warna putih yang bisa memiliki odd eye. Odd eye bisa terjadi pada kucing dengan warna apa saja, tak selalu pada kucing putih meskipun banyak kasus odd eye ditemui pada kucing putih.

Related Posts: