Olahraga Catur dan Manfaatnya untuk Anak-anak

Olahraga catur merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini mungkin jarang diminati orang. Karena, olahraga tersebut menggunakan otak untuk menyusun strategi dalam memainkannya. Dengan demikian, tidak sedikit orang yang menganggap catur sebagai olahraga otak.


Ketahui Manfaat Catur untuk Anak-anak Berikut 
Catur ini adalah olahraga yang menggunakan papan yang terbuat dari kayu dengan warna hitam putih dan untuk memainkannya menggunakan 16 buah bidak catur.  Olahraga catur bisa memberikan beberapa manfaat untuk anak, berikut manfaat yang diperoleh anak :

1. Meningkatkan Memori Pada Anak
Dengan bermain catur, anak pasti akan selalu mengingat bagaimana saja langkah yang dilakukan sehingga bisa membawanya ke kemenangan dan bagaimana saja langkah yang dilakukan sehingga membawanya ke kekalahan agar tidak diulangi lagi pada strategi selanjutnya.

Dengan begitu, kemampuan menyimpan dan mengingat akan terus terlatih pada anak dan akan menjadikan sebuah kebiasaan pada semua hal yang dilakukan.

2. Melatih Konsentrasi Pada Anak
Konsentrasi adalah hal penting agar anak bisa melakukan point pertama. Dalam permainan catur, setiap pemainnya tentu dipaksa dan harus berkonsentrasi agar bisa mengalahkan lawan yang sedang dihadapinya.

3. Meningkatkan IQ Anak
Dalam kebiasaan menyusun strategi dalam bermain catur, secara otomatis IQ anak tersebut terus meningkat. Karena, pada setiap permainannya selalu membutuhkan strategi baru tergantung dengan lawan yang dihadapi.

4. Meningkatkan Kreativitas Anak
Hal ini bisa terjadi karena dalam permainan catur membuat anak berpikir menggunakan kedua otaknya. Yaitu otak kanan dan otak kiri yang dominan membutuhkan otak kanan yaitu kreativitasnya dalam menyusun sebuah strategi.

5. Membangun Pikiran Anak dalam Menyusun Strategi
Setiap pemain catur dituntut untuk menyusun strategi agar bisa memenangkan permainan. Dalam menyusun strategi membutuhkan pemikiran yang kuat sehingga bisa menjadi suatu kebiasaan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak jika melakukan olahraga catur. Banyak yang menganggap olahraga ini sebagai permainan, hal semacam itu tidak jadi masalah. Justru lebih baik, agar Anak bisa melakukan olahraga otak ini dengan enjoy dan terbiasa dengan berpikir dalam bermain.

Related Posts: