Mau Memulai Bisnis Properti? Begini Caranya

Memulai bisnis properti bisa dianggap sulit bagi sebagian orang, namun juga bisa dianggap mudah untuk sebagian orang sisanya. Terlepas dari mudah atau sulit, hanya Anda sendiri yang bisa menilainya. Memang terdengar klise, namun niat dan tekad yang kuat sangat berkontribusi terhadap usaha yang sedang dilakukan seseorang, dan hal ini adalah salah satu yang dibutuhkan untuk siapa saja yang ingin memulai bisnis properti.


Cara Memulai Bisnis Properti
Semua bisnis membutuhkan modal, apakah Anda sudah memiliki modal ini? Jika belum maka ketahui sulu berapa modal yang sudah Anda miliki. Apabila kurang, Anda perlu menambahnya dulu supaya cukup untuk membeli sebuah properti, properti apapun itu. Jika cukup untuk beli apartemen maka beli saja, namun jika cukup untuk beli rumah maka lanjut saja membelinya.

Mungkin Anda bertanya bagaimana cara membuat modal menjadi cukup untuk memulai bisnis properti. Jawabannya adalah dengan menjalankan investasi yang lain dulu. Dari modal yang ada Anda bisa menggunakannya untuk deposito, reksadana, punya obligasi, dan investasi lain yang bisa memberikan Anda keuntungan.

Setelah modal Anda cukup Anda bisa langsung beli properti. Properti yang dipilih ini harus sesuai dengan modal yang Anda miliki. Pastikan Anda membelinya secara tunai, sebab dengan cicilan atau angsuran maka sama saja Anda harus memberi bunga kepada pihak lain. Inilah mengapa Anda harus menyesuaikan harga properti dengan modal yang dimiliki. Kisaran harga apartemen adalah 200 juta sampai 1 miliar satu unitnya. Sedangkan untuk rumah, hanya dengan 100 an juta saja terkadang ada.

Apakah memulai bisnis properti harus selalu diawali dengan punya modal yang banyak? Tidak, dan cara ini berlaku untuk Anda yang sudah tak memungkinkan mengumpulkan uang. Jika Anda masih ingin berbisnis properti maka Anda bisa memulainya dengan menjadi agen properti atau perantara orang yang jual rumah dengan mereka yang beli.

Cara ini bisa Anda coba dan akan efektif jika Anda betul-betul niat. Penjualan 10 sampai 30 unit mungkin sudah bisa membuat Anda punya properti sendiri.

Related Posts: