Jenis Alat Pelindung Diri Tenaga Medis

Alat Pelindung Diri (APD) adalah suatu perlengkapan yang harus dikenakan oleh semua orang untuk bekerja yang memiliki resiko dapat membahayakan diri sendiri. Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan diri dalam bekerja. Salah satu alat untuk melindungi diri adalah topi (safety helmet). Topi ini digunakan untuk melindungi kepala ketika kejatuhan sesuatu ketika berada di tempat kerja.


APD Tenaga Medis
Untuk saat ini, Alat Pelindung Diri (APD) saat ini banyak dibutuhkan oleh semua orang, terutama para tenaga medis. Mereka membutuhkan berbagai alat ini untuk melindungi dirinya dalam menjalankan tugas merawat semua pasien yang terinfeksi virus corona. Beberapa jenis APD tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Topi Anti Corona
Topi anti corona ini biasa disebut dengan corovisor yang digunakan untuk melindungi dari berbagai virus yang seperti influenza, batuk dan penyakit menular lainnya. Tapi, untuk saat ini karena sedang merebaknya virus corona, para tenaga medis membutuhkan topi ini agar tidak tertular oleh pasien.

Kelebihan dari topi ini adalah dilengkapi dengan visor yang juga bisa melindungi wajah. Topinya terbuat dari bahan topi standar yang bersifat waterproof agar bisa maksimal melindungi pemakai pada bagian kepala dan mata.

2. Masker Medis
Masker ini sudah menjadi jenis APD yang yang paling umum digunakan oleh tenaga medis. Tujuannya adalah untuk melindungi mulut dan hidung dari uap yang kemungkinan besar terdapat penyebaran virus. Karena, bagian yang rentan terkena virus corona ini selain mata adalah mulut dan hidung.

Tentunya virus apapun akan menyerang ketiga bagian tersebut dari tubuh manusia sehingga dapat mengakibatkan orang ini sakit. Masker medis ini memiliki kegunaan untuk menyaring udara agar virus dan bakteri tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

3. Kacamata Khusus
Seperti yang sudah dituliskan pada poin sebelumnya, penularan juga bisa melalui mata. Oleh karena itu, walaupun sudah mengenakan topi yang sudah memiliki visor tenaga medis juga harus tetap mengenakan kacamata khusus. Kacamata ini harus digunakan agar perlindungan bisa semakin maksimal dan tenaga medis bisa benar-benar aman dan terlindungi.

4. Coverall
Coverall ini adalah baju yang wajib digunakan tenaga medis dalam menangani pasien. Baju yang dimaksud disini tidak sama dengan baju yang digunakan menangani pasien biasanya. Tapi, bahan yang dibuat memang khusus agar uap, gas tidak masuk kedalam tubuh.

Karena memang virus yang menyebar melalui udara ini bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, tenaga medis yang menangani virus ini wajib mengenakannya.

Sebagai tenaga medis, jarak ini tidak bisa dihindari lagi sebab dalam melakukan perawatan harus benar-benar melakukan interaksi langsung bahkan saling bersentuhan. Oleh sebab itu, perlengkapan ini sangat dibutuhkan terutama topi anti corona yang tidak boleh ketinggalan.

Related Posts: