Resepsi Pernikahan Sudah Bisa Dilaksanakan Dengan Menerapkan 4 Hal ini

Fenomena pandemic yang saat ini melanda dunia berdampak ke berbagai sektor termasuk penyelenggara event wedding seperti paket rental wedding dan lain sebagainya. Banyak pasangan pengantin yang terpaksa menunda pesta pernikahan mereka bahkan ada sebagian pasangan yang menggantikan pesta pernikahan menjadi acara sederhana di KUA setempat. hal ini dilandaskan dari adanya aturan pemerintah di beberapa daerah yang melarang adanya penyelenggaraan pesta pernikahan. Akan tetapi ada kabar gembira untuk Anda yang ingin tetap menggelar resepsi pernikahan, saat ini sudah boleh di selenggarakan dengan tetap menerapkan beberapa hal yang mendukung protokol kesehatan. Lalu apa saja hal tersebut?

1. Meminta Izin Ke Dinas Parekraf
Syarat ini ditujukan kepada para penyedia gedung pernikahan seperti hotel, restoran dan lain sebagainya. Bagi pihak penyedia gedung harus meminta izin terlebih dahulu ke dinas parekraf (Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Hal ini bertujuan agar mereka bisa mengontrol bagaimana berjalannya acara agar tetap aman dan sesuai dengan standard protokol kesehatan. Hal ini juga bisa menjadi landasan apabila polisi sedang melakukan razia kerumunan.

2. Membatasi Kapasitas Pengunjung
Inti dari pelarangan acara resepsi adalah akan hadir banyak sekali orang dari dalam maupun luar kota di acara tersebut. Hal ini tentu sangat rawan akan penyebaran virus COVID-19 tersebut. Maka dari itu pihak yang mengadakan acara harus membatasi jumlah orang yang diundang agar kerumunan masih bisa di kontrol. Kapasitas yang bisa dijadikan patokan adalah maksimal 25% dari kapasitas yang mampu di tampung oleh tempat tersebut.

3. Memakai Masker
Saat ini penerapan protokol kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan terlebih pada acara besar seperti resepsi pernikahan. Maka dari itu banyak penyedia gaun kebaya di Indonesia misalnya, mereka juga menyediakan masker khusus yang ditujukan untuk para pengantin. Masker tersebut biasanya akan dibuat senada dengan baju pengantin yang akan kalian buat atau sewa.

4. Menyediakan Tempat Cuci Tangan
Ini juga menjadi faktor utama dalam penerapan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruangan atau gedung penyelenggara acara harus menyiapkan tempat khusus untuk cuci tangan agar semua pengunjung bisa mencuci tangan mereka dengan sabun sebelum mengikuti acara. Fasilitas kamar mandi pun juga harus dipastikan tersedia sabun cuci tangan yang siap pakai.

Jadi jangan khawatir karena dengan tetap menerapkan 4 hal tersebut kamu bisa menggelar acara resepsi pernikahan. Selain hal di atas tentu kamu juga harus mempersiapkan hal lain seperti souvenir, kostum dan lain sebagainya. untuk souvenir kamu bisa memberikan barang yang bermanfaat di masa pandemic seperti custom tumblers, masker, hand sanitizer dan lain sebagainya.

Related Posts: